Kamis, 19 Maret 2015

Almond Crispy

Ini dia cemilan yang lagi happening banget. Pernah sekali ikut demo masak Ny.Liem yang menyajikan pembuatan almond crispy. Agak rumit sih kelihatannya tapi coba aja nekat sambil membayangkan menikmati lembar demi lembar kukis yang super duper tipis ini. Pasti kerumitan itu terbayar lunas...nas...nas...

Awalnya kupikir kukis ini mirip lidah kucing,  ternyata bedaaaaaa jauh banget. Selain bentuknya yang super duper tipis, almond crispy ini lebih gurih dibanding lidah kucing yang manis pake banget. Dengan campuran tepung almond membuat kuis ini jadi super kriuk. Karena bentuknya yang tipis membuatnya menjadi sangat rapuh dan mudah patah. Untuk itu kukis ini butuh perlakuan khusus yang serba hati terlebih ketika hendak di packing atau dimasukkan ke dalam toples.



Pemilihan kertas baking sebagai alas pemanggangan juga menentukan keberhasilan kue ini. Awalnya saya pikir kertas baking atau baking paper itu sama saja seperti kertas roti. Ternyata beda. Kertas baking lebih tebal dan kokoh dibanding kertas toti. Warnanyapun lebih gelap, dan ketika dipanggang akan mengeras. Di tiko bahan kue kertas baking dijual gulungan seperti kertas roti, ukuran biasanya 1m x 1m. Jadi perhatikan baik2 kalai mau membeli kertas baking, sekilas memang mirip kertas roti.

kalau ditanya bagaimana bedanyandalam membuat almond crispy imi, saya hanya bisa bilang kalau pake kertas roti anda akan kewalahan. Soalnya kertas roti sangat mudah apa yah bahasa indonesianya....kalau orang makassar bilang 'rotasa'. Maksudnya anda akan mengalami kondisi dimana adonan dan kertas menjadi lengket dan sulit 'diam' sehingga sulit untuk mencetaknya bundar-bundar dengan bantuan sendok. Selain itu kertas baking bisa dipakai berulang ulang. Satu resep ini saya hanya menggunakan satu lembar kertas baking dan tidak perlu dioles margarin lagi.

Kembali ke almond crispy lagi, kali ini saya menggunakan butter 100%. Asli, aroma butter yang lembut betul2 sulit untuk di tolak. Saya pake unsalted butter merk Anchor. Kebetulan di toko bahan kue langganan ada jual yang kiloan. Kalo soal harga...hhhmmmmm lumayan 2x lipat dari margarin blue band 1kg, itupun hanya dapat 1/2kg. Tapi kalau lihat hasilnya, dijamin gak bikin manyun.



Almond Crispy
Bahan.
4 putih telur
100 gr gula pasir (blender halus)
50 gr un salted butter (bisa combine 50:50 dgn margarin)
50 gr margarin
50 gr terigu
50 gr almond bubuk
Almond slice untuk taburan

Carbut.
1. Kocok putel dan gula sampai mengembang.
2. Cairkan margarin dan butter. Diamkan sampai dingin.
3. Masukkan terigu dan bubuk almond ke adonan putel. Aduk rata. Lalu masukkan butter leleh. Aduk sampai rata.
4. Siapkan oven suhu 140°c.
5. Cetak tipis dengan bantuan sendok diatas baking paper yang sudah diolesi margarin. Taburi dengan almond slice sesuai selera. Panggang hingga coklat keemasan.
6. Angkat dan dinginkan sebelum dimasukkan ke toples kedap udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar