Kamis, 04 Juni 2015

Nastar Buah ala Kayana





Lama gak posting lagi. Tau-tau sudah mau puasa saja. Seperti tahun tahun kemaren, menjelang lebaran ikut ngais rejeki lewat jualan kue kering lebaran. Sebenatnya mau jualan takjil, tapi karena baru pindahan mustahil rasanya buat jualan takjil, secara cari lapak di tempat baru susah, mau jualan di rumah gak mungkin maklum rumah sepetak di gang sempit pula hehehe...tapi niat untuk melanjutkan toko kue Kayana masih besat buaanget. Makanya, toko kue yang tadinya ada tempat real di Makassar sekarang bertransformasi jadi toko kue online dengan buka lapak dibernagai group jual beli di facebook juka buka toko online di web jual beli. Dengan peralatan tempur seaadanya hasil gerilya di pasar simpang dago akhirnya bisa juga produksi kue kering istimewa.  

Bagi bakuler kue musiman, tiap tahun pasti menyadari tren kue yang lagi bomming. Tahun ini hasil serching sepertinya tren mengarah pada kue kue karakter. Seperti kukis hias karakter, nastar katakter dll.  Resepnya kukisnya sih pake reswp dasar saja, tapi karena bentuk dan warna yang menarik maka kukis karakter ini jadimistimewa dan dibandrol dengan harga yang lumayan.


Ngubrek ngubrek group masak di facebook dan blog tesep di dunia maya, jatuh cinta banget deh sama nastar bentuk buah ini. Tapi sepertinya resepnya masih jarang yang posting. Kalau yang jual buaaanyak banget berseliweran di google. Lihat lihat diskusi yang ada seperti yang diduga sebelumnya, resepnya sih standar nastar biasa tapi ngebentuk dan mewarnai nastar ini yng bikinnya tricky banget. 





Dasarnya pembuatan nastar buah ini asli harus hand made alias ngebentuknya dengn tangan. Adapun cetakan bentuk buah sepertinya harus pesan khusus. Itu yang saya tanggap dari berbahai diskusi online tentang nastar buah. Teknik pewatnaannyapun ada 2 cara, pertama pewarna makanan di campur langsung ke adonan sebelum di bentuk. Kedua pewarna di campur telur kemudian dioles pada kukis yang sudah di bentuk. 


Setelah mencoba beberapa trik akhirnya yang paling memuaskan yang menggunakan teknik pewarnaan oles. Selain kita bisa bereksperimen dengan warna, shined nya juga dapat alias mengkilapnya cantik, tapi kalau untuk yang gampangnya sih teknik campur adonan lebih mudah. Tinggal bagi adonan sesuai warna yang diinginkan lalu campur pewarna, siap di bentuk dan di panggang. Kali ini saya bagi resepnya saja dulu yah, untuk trik triknya nanti diposting tersendiri. Resep nastar buah Kayana ini saya tambahkan keju edam biar rasanya lebih istimewa. Yuk, langsung ke TKP...


Resep Nastar Buah ala Kayana


Bahan bahan :

500 gelas tepung terigu

3 sdm tepung maizena

300 gr mentega 

200 gr butter

100 gr gelas gula halus 

3 butir kuning telur

1sdt esens vanilla 

150 gr Selai nenas 

25 gr Keju edam 


Bahan pewarna :

Pewarna makanan yang diinginkan 

1 butir telur

1 sdt cookies glaze


Hiasan :

Bunga cengkeh



Cara buat :

Kocok mentega dan gula dengan mixer sampai berubah warna. Masukkan kuning telur dan esens vanilla,kocok sampai mengembang. Masukkan keju edam yang sudah di parut halus lalu campurn tepung, maizena dan susu bubuk  sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai kalis. Ambil sedikit adonan,bulatkan lalu pipihkan dan isi selai,bulatkan kembali sambil dibentuk buah.


untuk pewarna :

Campur telur dengan cookies glaze kocok dengan garpu hingga tercampur rata. Bagi sesuai warna yang di inginkan. Warnakan nastar dengan kuas, biarkan sampai kering  lalu oles lagi untuk memperkuat warna. Beri potongan cengkeh sebagai batang. Panaskan oven dengan suhu 150c selama 25 menit.keluarkan dari oven,biarkan dingin.

dan inilah hasilnya...nastar buah ala Kayana, saya kemasan dengan dua versi. Kemasan kotak sekat dan tople mika. Siap buat terima orderan lagi...hehehe :)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar