Selasa, 17 Maret 2015

Marble Cake Original



Sepertinya cake satu ini tidak ada matinya, saya selalu yakin resep-resep abadi dan enak seperti ini merupakan amal jariyah bagi yang ciptakan. Terberkatilah mereka. Cake ini meski disebut jadul, tapi selalu nongol dan menjadi koleksi wajib bagi para bakul kue, mulai dari yang kaki lima sampai kelas bakery bintang lima. Ya....this is it, marble cake atau biasa si sebut cake marmer sama ibu-ibu pecinta cake.



Sebenarnya ini pesanan sudah agak lama, sekitar 2 bulan yang lalu. Tapi berhubung bulan kemaren gak sempat up date blog maka sekaranglah waktunya memperkenalkan marble cake original dari Kayana. Resep asli cake ini sebenarnya menggunakan all in one methode dimana telur, gula dan terigu langsung campur dan dikocok bersamaan. Tapi karena ini pesanan dan takut gagal maka saya menggunakan metode konvensional saja, yaitu mengocok telur dan gula terlebih dahulu. Lain waktu saja menggunakan all in one methode. Resep asli juga hanya menggunakan margarin tapi saya ganti dengan butter perbandingan 50:50. Aroma butter yang khas membuat cake sederhana ini menjadi istimewa dan sangat lembut. Warnanya juga menjadi kuning soft tidak pucat dan yang pasti cake ini bisa dibilang original istimewa...#gaksinkron tidak masalah.

Matble Cake Original

Bahan :

5 butir telur

125 gr gula pasir

1 sdt emulsifier

1 sdt vanilla

150 gr tepung terigu serbaguna

15 gr maizena

15 gr susu bubuk

50 gr margarin + 50 gr unsalted butter lelehkan

50 gr minyak sayur

2 sdm coklat bubuk, encerkan dengan 2 sdm air panas (bisa diganti pasta coklat/moka 1-2 sdm)


Cara Membuat :

Panaskan oven 180 deg C. Siapkan loyang tulban 20 cm, oles margarin dan taburi tepung. Sisihkan. Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk.Kocok telur, gula pasir, emulsifier, vanilla hingga mengembang dan kental. Masukkan terigu sedikit demi sedikit. Campurkan margarin, butter leleh dengan minyak sayur, kemudian tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk balik hingga tercampur rata dan homogen. Ambil 2 sendok sayur adonan, beri pasta coklat. Aduk rata.

Tuang adonan putih ke dalam loyang, kemudian tuang adonan coklat di atasnya.Buat motif marmer dengan bantuan, garpu atau tusuk sate atau sumpit.Oven hingga matang selama kurang lebih 30-45 menit (tergantung masing-masing oven ya). Lakukan tes tusuk dan tes sentuh.Angkat dan segera keluarkan dari loyang agar cake tidak menciut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar