Sabtu, 22 Agustus 2015

cup cake fondant

Bukan sekedar ikut-ikutan trend, sekalian belajar bikin hiasan menggunakn fondant. Karena penasarannnya sudah cukup lama di pendam akhirnya memberanikan diri membeli fondan jadi di TBK. Belinya yang warna putih saja 1/2 kg, klo gak salah harganya 20 ribuan...karena buat latihan sekalian gaya-gayaan, bikin cup cake saja sebagai base cakenya. Lumayan satu resep jadi 9 cup yang bisa di hias suka-suka. Base cakenya saya pake brownies kukus Ny. Liem yang nyoklat banget.



Saya pake tepung maizena yang sudah di sangrai sebagai bahan tambahan biar fondan mudah di bentuk setelah diberi pewarna. Sebagai saran, sebaiknya kalau pake fondan putih, pewarnanya mending pake esence buah deh, klo buat saya pribadi tidak terlalu suka aroma fondan.

Setelah fondan di bagi sesuai warna, berikan beberapa tetes pewarna lalu uleni sambil di berikan tepung maizena atau gula bubuk, sampai fondan tidak lengket dan bisa dibentuk. untuk dasar, giling fondan sesuai diameter cake. sebelum ditempel pada cake sebaiknya cake di oles tipis dengan butter cream atau simply syrup biar fondan melekat sempurna. Kali ini saya hanya menggunakan bantuan tusuk gigi, sendok-garpu dan gunting. Perlengkapan tempur buat fondan belum terbeli...hehehe

Tambahan lagi, menyimpan cake dengan hiasan fondan mungkin lebih baik di suhu ruang, soalnya kali ini saya simpan di kulkas keeseokan harinya setelah dikeluarkan dari kulkas fondan jadi berkeringat dan warnanya jadi luntur gitu :( mungkin cara saya mengerjakannya masih kurang tepat, entahlah....lain kali akan saya coba lagi...berikut hasil cup cake fondant saya :) lumayanlah... #kerlip2mata








Tidak ada komentar:

Posting Komentar