Minggu, 17 Januari 2016

Dadar Nangka

Dapat nangka dari tetangga. Sudah lama gak makan buah ini, lebih 5 tahunan mungkin. Hanya makan tiga butir magh langsung kambuh. Saking lamanya gak makan nangka sampe lupa ternyata salah satu pantangan magh saya ya buah satu ini. Efeknya lebih dahsyat ternyata dari makan durian -_-


Dari pada si-kuning lezat ini kebuang mending bikin kue, kebetulan ada piring tetangga belum dibalikin dari dua minggu lalu. Jadi bisa sekalian buat isi piring yang mau dibalikin. Yang praktis dan lezat mending bikin dadar, berhubung lagi malas banget buat keluarin mixer kalau bikin cake. Kebetulan Sky, putra saya sangat suka dengan fla santan. Alhamdulillah si-nangka gak jadi mubazir.

Oh...iya, nangka dalam resep ini bisa diganti dengan cimpedak atau durian. Saya sih kebih suka disajikan dingin dari kulkas.rasanya manis gurih dan nyeesss gitu :)

Bahan fla :
500 ml air
5 sdm terigu
2 bungkus santan kara kecil
1/2 kaleng kecil susu kental manis
10 biji nangka masak, potong dadu
1/5 sdt garam
Gula secukupnya
Vanili

Bahan kulit :
200 gr terigu
2 sdm susu bubuk
1 butir telur
300 mlair /sesuaikan keencetan adonan
5 tetes Pewarna makan
sejumput garam

1. Cara membuat fla : Larutkan terigu dengan sedikit air.
Campur semua bahan fla kecuali nangka. Aduk hingga terigu tidak menggumpal, sebaiknya saring sebelum dimasak. Masak dengan api sedang.

2. Masak dengan terus diaduk2 hingga mengental. Setelah adonan meletup2 masukkan potongan nangka. Aduk sekitar 2 menit, hingga aroma nangka keluar. Matikan api, lalu dinginkan fla.

3. Jika fla benar2 dingin, fla akan menggumpal dan siap dijadikan isian dadar.

4. Cara membuat kulit : campur semua bahan. Sesuaikan keenceran adonan sesuai keingingan. Aduk, jangan sampai terigu menggumpal. Jika perlu saring adonan.

5. Tuang dan tipiskan adonan pada teflon panas. Masak hingga matang. Lakukan terus hingga adonan habis.

6. Penyelesaian : ambil selembar kulit dadar, isi dengan fla nangka lalu gulung. Lakukan hingga kulit habis. Dadar fla nangka siap dihidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar