Sabtu, 30 Januari 2016

Resep Sup Ayam Enak

Dari semalam Sky tiba-tiba saja demam. Mungkin karena seharian main di luar sementara angin sedang kencang, ditambah lagi belakangan dia sangat susah makan. Maunya main terus. Dan seharian itu juga dia tidak menyentuh nasi. Hanya makan biskuit marie dan susu.



Paginya, Sky bilang lapar tapi tetap tidak mau makan nasi. Maunya makan sup ayam saja. Tumben nih anak sakit pake request makanan. Kupikir dari pada meminumkan obat, lebih baik asupan nutrisinya saja yang ditingkatkan dan kebetulan sup ayam yang kaya rempah dan sayuran sangat cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buat yang lagi flu juga sangat membantu.

Alhamdulillah bikin sup kesukaan Sky, makannya sangat lahap. Sampai tambah berkali-kali. Meski makannya tidak pake nasi tapi sup ini cukup mengenyangkan.

Resep Sup Ayam Enak

Bahan :
1/2 kg ayam, potong sesuai selera
Sayuran (kentang, wortel, kol, buncis)
1 buah tomat ukuran sedang. Potong sesuai selera.
Daun bawang rajang halus
Daun parsley rajang halus
1 liter air
Garam
Penyedap (optional)

Bumbu :
4 butir bawang putih haluskan
3 butir bawang merah haluskan
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
5 butir cengkeh
5 cm jahe memarkan
1 sdt minyak wijen
1/2 sdt kecap asin

Cara buat :
Potong dan cuci bersih ayam. Masak dengan air sekitar 20 menit sampai kaldunya keluar. Masukkan semua bumbu dan biarkan sesaat hingga wangi bumbu keluar. Masukkan sayuran yang agak keras terlebih dahulu seperti  kentang, wortel dan buncis. Masak hingga sayur dan ayam empuk.

Setelah ayam dan sayuran empuk, masukkan kol, tomat, daun bawang dan daun persley. Masak sekitar 2-3menit saja. Lalu tambahkan garam dan penyedap sesuai selera.

Matikan api, sup siap disajikan hangat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar