Rabu, 06 Januari 2016

Daur Ulang Minyak Jelantah Menggunakan Kulit Pisang

Sumber : google
Tips ini sebenarnya ilmu yang beberapa bulan lalu saya dapatkan ketika mengunjungi pameran sains di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Salah satu stant peserta dari Kudus, menarik perhatian dengan temuannya yang sederhana namun sangat bermanfaat bagi kehidupan tetutama bagi kita ibu-ibu yang keseharian bergelut di dapur.




Sebagai ibu rumah tangga yang selalu dituntut hemat, terlebih saat harga kebutuhan pokok melambung tidak sedikit dari kita memgorbankan kesehatan keluarga demi menghemat pengeluaran. Termasuk menggunakan minyak goreng berkali-kali bahkan sampe hitam.

Jika punya minyak jelantah, bahkan yang telah berwarna hitam sekalipun jangan langsung dibuang. Kita bisa men'daur ulang' minyak tersebut dan digunakan untuk menggoreng kembali. Minyak daur ulang ini pun telah teruji lab aman untuk dikonsumsi.
Sumber : google


Berikut bahan dan caranya :
Bahan
Kulit pisang kepok
Minyak jelantah

Caranya :
Tumbuk kasar kulit pisang, jangan sampai hancur sekali. Rendam kulit pisang yang telah ditumbuk dengan minyak jelantah. Diamkan hingga 1 jam lalu saring minyak dari kulit pisang.

Minyak yang dihasilkan akan lebih bening dan siap digunakan kembali. Proses ini dapat dilakukan maksimal 3 kali. Lebih dari dari itu minyak akan kental dikarenakan getah dari kulit pisang sudah berlebihan.

oh iya...dua gadis inilah yang telah menemukan cara mendaur ulang minyak jelantah menggunakan kulit pisang kepok. Terima kasih ya adik-adik cantik dan tetaplah berkarya :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar