Jumat, 30 Desember 2022

Resep Donat Dua Ribuan

Sepertinya cemilan satu ini gak ada matinya. Segala umur dan gender pasti suka, apa lagi anak-anak dan remaja. Meski identik berbentuk bulat dengan lubang di tengah, namun sekarang sudah banyak variasi bentuk dan toping yang menarik, lucu dan imut. Karena banyak yang menggemarinya, tidak heran sekarang hampir di setiap persimpangan pasti ada gerai donat yang menawarkan donat dengan toping warna-warni yang menggiurkan. 

Beberapa waktu yang lalu, sambil menunggu kepastian mutasi kantor suami saya memutuskan buat jualan donat tanpa lubang di tengah. Kenapa tanpa lubang? karena ngelubangi adonan donat ternyata makan waktu dan sisa adonan sungguh sulit untuk di olah lagi, meski belakangan dari youtube saya tau adonan sisa ini bisa di simpan di freezer buat dicampur ke adonan baru yang kita buat esok harinya. 

Saya memutuskan jualan donat tepat di depan rumah karena hanya jarak 10 meter dari situ ada sekolah SMP dan SMA, jadi sayang sekali peluang itu di lepas. Donat ini saya jual dengan harga dua ribu, kenapa harganya murah? karena saya memilih bahan yang paling murah juga di pasar untuk menekan harga, apa lagi saat itu harga minyak goreng dan terigu sedang melambung tinggi. Untuk packing saya juga tidak menggunakan dus donat yang harganya lebih mahal dari harga donatnya sendiri. Saya hanya menggunakan mika untuk pembeli jumlah besar dan langsung kantong plastik untuk pembeli satuan.



Hasilnya, seperti yang diduga, anak-anak sekolah dan perumahan sekitar juga sangat suka, bahkan beberapa kali menerima pesanan untuk ulang tahun teman dan guru mereka. Tidak sampai sebulan jualan saya bisa menjual 100 biji donat setiap hari. Rasanya senang sekali setiap kali ada anak yang memuji, atau saat saya tidak jualan mereka pada protes dan kecewa sebab tidak bisa menemukan donat serupa dengan harga yang murah. 

Sayangnya, setelah hampir 6 bulan kabar kepastian mutasi kantor suami keluar dan akhirnya kamis sekeluarga harus pindah ke kota baru. Dengan demikian jualan donat buat anak sekolah itu berakhir juga. Sempat merasa galau meninggalkan peluang cuan yang menggiurkan itu tapi tetap keluarga harus diutamakan, insyaAllah rejeki akan datang dari arah yang tidak dapat kita duga. Untuk itu saya ingin menyelamatkan resep donat ini di sini agar tidak terlupakan. Untuk estimasi modal dan harga jual kuputuskan untuk membuatnya di postingan selanjutnya. Agar blog ini juga bisa kembali aktif...hehehe.

Resep Donat Dua Ribuan

Bahan 1 :

  • 500gr terigu protein tinggi
  • 60gr gula pasir
  • 3gr bread improver
Bahan 2 :
  • 1 kuning telur
  • 250 gr air es
  • 10 gr yeast (ragi)
  • 20 gr susu bubuk
  • extrak vanila  (saya pakai larome)
Bahan 3 :
  • 60 gr margarin
  • 1/4 sdt garam.
Bahan 4 :
  • 1 liter minyak (di sini saya menggunakan 500ml minyak goreng cair dan 500gr minyak padat)
Cara buat :
  • Cambur masing-masing bahan di wadah terpisah. Campur bahan 1 di bowl mixer. Larutkan semua bahan 2 di wadah lain demikian pula dengan bahan 3.
  • Mixer bahan 1, masukkan bahan 2 sedikit demi sedikit hingga berbentuk adonan. Jika menggunkan hand mixer gunakan mata mixer spiral khusus untuk adonan padat.
  • Setelah adonan terbentu (tidak perlu menunggu sedikit kalis) masukkan bahan 3 lalu adon kembali hingga adonan kalis.
  • Adonan kalis ditandai dengan adonan tidak lagi lengket pada wadah mixer dan tangan, warna berubah lebih putih dan mengkilap dan ketika di tarik dapat membentu membran tipis seperti sutra.
  • Setelah kalis, istirahatkan adonan sekitar 5-10 menit. Timbang adonan masing-masing 22gr (untuk semua adonan saya biasanya mendapat sekitar 48-50bj) lalu bentuk bulat. Istirahatkan kemabali adonan sekitar 20-30 menit. 
  • Tekan/cetak adonan sesuai keinginan. Disini saya menggunakan cetakan ukuran 7cm yang saya beli online di tokopedia.

Cetakan Donat
  • Setelah dicetak, diamkan kembali sekitar 20 menit atau sampai ukuran adonan mengembang 2x lipat dari sebelumnya untuk menghindari over proving. 
  • Panaskan minyak dengan api sedang. Masukkan adonan donat, lalu kecilkan api agar adonan benar-benar matang dan tidak gosong. Tunggu hingga bagian bawah donat kecoklatan lalu balik. Jangan terlalu sering membolak-balik adonan agar white ring donat muncul. Cukup 2-3 kali membolak-balik adonan. Setelah kedua sisi kecoklatan, angkat donat dan tiriskan. Biarkan donat hingga dingin sebelum di toping sesuai selera.
  • Untuk toping saya menggunakan Collins Dip Glaze yang milky, bubuk crumble oreo, green tea dan red velvet.
Donat yang dihasilkan sekitar 48-50 biji.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar