Sabtu, 13 September 2014

Brownies Hemat (Murah, Mudah, Enak)



Akhirnya nitip lapak kue juga di warung perempatan...Awalnya karena sudah seminggu ini sakit flu bergantian dengan sky, warung tidak buka dan hanya tinggal dirumah jagain sky. Kasian juga, kalau ditinggal minum obatnya tidak teratur. Takutnya penyakit bakal kebal kalau minum obatnya tidak teratur. Jadilah seminggu lebih kembali jadi pengangguran. Iseng-iseng waktu beli kue buat sarapan di warung perempatan nanya-nanya si ibu pemilik warung 'bisa titip kue gak, bu?' eh...si ibu antusias banget, ngajak duduk sambil ngobrol. tadinya pengen nitip kue kering, secara sebentar lagi Idul Adha, Natal dan Tahun Baru. Sementara sisa toples hasil jualan kue kering lebaran masih ada beberapa. Tapi si ibu-nya bilang kalau kue kering dia sudah punya banyak partner yang nitip saingan juga banyak, jadi si ibu nawarin gimana kalau cake atau brownies saja soalnya belum ada yang nitip sementara banyak yang nyariin. Lirik-lirik ke etalase memang gak ada cake sama sekali yang terpajang. jadi hari itu juga deal sama si ibu buat nitip cake dan brownies.


Sampai di rumah kembali buka-buka internet nyari resep yang cocok, pikirku kalau cake gak susah karena saya sudah punya resep  turun-temurun dari almarhum 'bonda (tante). Tapi kalau brownies??? Terbiasa buat dan makan brownies ala amanda dengan bahan kualitas T-O-P tapi harganya juga jadi T-O-P gak cocok rasanya untuk konsumen warung kue ala pinggir jalan yang murah meriah. Hasil googling akhirnya nemu resep brownies mur-mer, bahannya mirip seperti soft cake tapi karena pakai coklat yang agak banyak dan soda kue yang minim makanya cake yang dihasilkan agak bantet ala brownies gitu. resep ini juga hemat karena mentega diganti demgam minya goreng. Setelah mengadaptasi rumus andalan 1:1:1:1 (1 cup telur : 1 cup terigu : 1 cup mentega : 1 cup gula) biasanya saya pakai takaran gelas karena loyang yang saya pakai kecil ukuran 28x9x4. 1 gelas biasanya berisi 5 butir telur untuk 2 loyang sekali kocok. Akhirnya dapat resep  brownies yang sesuai, murah, mudah dan enak seperti yang dijual di toko-toko sebelah. Dengan bahan yang sama juga saya memodifikasi untuk membuat cake pandan, bolu rempah, dan cake marmer.

Bahan :
  • 1gelas telur
  • 1 gelas terigu
  • 3/4 gelas gula (sengaja gula dikurangi)
  • 30gr coklat
  • 1/2 gelas minyak goreng
  • 1/4 sdt baking soda / soda kue
  • vanili
  • 1 sdt TBM/Sp/Ovalet
  • Pewarna coklat black forest (saya pakai yang merk Maglam)
  • Coklat batang aneka warna untuk toping
Cara buat :
1. Campur telur, gula, soda kue, vanili, ovalet, kocok dengan mixer sampai mengemang dan kaku.
2. Setelah campuran telur mengembang dan kaku masukkan coklat dan pewarna coklat  aduk hingga rata. (Pewarna coklat black forest ini pakenya sedikit saja, soalnya ketika masih bentuk adonan warnanya lebih mendekati abu-abu tapi kalau sudah matang dan dingin kan berubah menjadi coklat pekat. Untuk menghindari cake berwarna hitam/coklat pekat makanya pakainya sedikit saja).
3. Setelah tercampur rata, tambahkan terigu aduk dengan kecepatan rendah. Setelah tercampur rata tambahkan minyak goreng sampai benar2 menyatu dengan adonan.  Kalau tidak cake yang dihasilkan akan berminyak, lembek dan sulit berdiri kokoh padahal waktu di panggang cake kelihatan mengembang dan cantik lho (-_-) hal ini juga terjadi kalau kita mencampur minya terlalu banyak pada cake.
4. Oles loyang dengan mentega dan terigu tipis-tipis (tapi karena ini untuk dijual, saya pake Carlo, minyak khusus untuk untuk loyang. Lebih hemat)
5. Tuangkan adonan kedalam loyang, lalu panggang hingga matang.
6. Hias sesuai selera.

Inilah penampakan hasilnya : Brownies Hemat



Dan ini hasil modifikasi cake dari bahan-bahan yang sama (cake pandan dan cake marmer)






1 komentar:

  1. sangat menginspirasi....trims ya tdk pelit berbagi...semoga bakulnya selalu dicinta...amin.

    BalasHapus