Sabtu, 10 Januari 2015

Bluder Original

Nekat terima pesanan kue bluder, padahal seumur umur kaya'nya gak pernah bikin bluder. Dengan mengandalkan mbah google akhirnya dapat resep juga. Membandingkan tiga blog berisi resep bluder dan mencari persamaan resep mereka akhirnya ingat kalau kue yang memiliki kemiripan antara cake dan roti ini andalan bonda Sanging kalau ada acara. Pernah beberapa kali diajari tapi yang pake toping daging. Rasanya enak, lembut dan wangi.


Catat-catat resep hasil googling, kalau dihitung-hitung harga yang saya kasih kaya'nya gak dapat modal. Waduh....salah kalkulasi nih...#mulai stress. Akhirnya nekat kedua ngabisin pulsa buat nelpon bonda Sanging di kendari. Sedikit nodong minta diajar jarak jauh. Ampun dah si bondanya ngakak sambil cerita kadang ngalor gak tau keman-kemana. Dalam hati bakal jadi perkara nih si bluder...akhirnya bonda ngajarin resep dan cara bikin si bluder yang ori, but...OMG di bonda kalau bikin kue gak pernah pake takaran. Jadilah mengandalkan clue yang diberi 5 telur untuk 1/2 kg terigu. Imajinasipun mulai main dibantu dengan resep hasil googling dan setelah dua kali percobaan akhirnya resep warisan menemui takarannya. 

Nekat memang kadang berbuah manis dan legit macam ini bluder. Wanginya kemana-mana bikin ngiler. Dan yang pasti kalkulasi harga dan modal kembali seimbang. Stress pun hilang seketika pas buka oven. Mari senyum lebar menyambut bluder cake warisan ini :)

Bahan A:
500 gr terigu
400 ml air kelapa
1 bungkus fermipan

Bahan B :
4 kuning telur
1 telur utuh
200 gr gula
3 sdm susu kental manis
1 sdt tbm

Bahan C :
200 gr margarin leleh

Cara buat:
1. Campur bahan A aduk hingga tidak menggumpal. Fermentasikan kurleb 30 menit
2. Kocok bahan B hingga mengembang dan pucat.
3. Masukkan bahan A kedalam kocokan telur (bahan B). Aduk rata menggunakan wisk.
4. Tuang margarin leleh, lalu aduk rata.
5. Tuangkan kedalam loyang yang telah dioles margarin dan tepung. Diamkan srkitar 10 menit hingga sedikit mengembang. Lalu panggang di oven suhu 180°c selama kurleb 45 menit. Hingga kecoklatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar