Selasa, 06 Januari 2015

Bolu Kukus Karakter

Bolu kukus ini lucu...beda kaya bolu kukus biasa yang mekar merekah. Bolu kukus ini sengaja dibuat mingkem biar gambarnya tidak pecah. Karakternya juga bisa pilih karakter yang lagi trend. Sekarang kaya'nya lagi demam minon dan angry bird.  Resep dapat dari group Arkame di fesbuk. Sangat membantu buat bakul kue dengan modal terbatas.

Bolkus ini juga bisa divariasikan rasanya, mulai rasa premium hingga rasa jajanan murah meriah harga serebuan...hihihihi, semua tergantung cairan yang dipakai. oke, penasaran ini resep lengkapnya;

Bahan: 
4 btr telur
250 gr terigu
3 sdt susu bubuk
150 ml air/santan
250 gr gula (tp saya pake 150gr sj)
1/2 sdt baking powder (bisa dihilangkan)
1sdt tbm
pewarna makanan ( sy pake merk cap burung beo n cendrawasih)

carbut :
Sebelum membuat adonan panaskan memang kukusan dengan api sedang.
Mixer telur, gula dan tbm hingga mengembang kaku. Masukkan terigu yg sudah dicampur baking soda dan vanili sedikit demi sedikit bergantian dengan air. Bagi adonan sesuai warna yg di inginkan, masukkan dalam plastik segi tiga. Adonan siap di kreasikan.


Masukkan adonan putih ke dalam cetakan yg telah dilapisi paper cup. Gunting ujung plastik segitiga berisi adonan yang telah diwarnai, lalu gunakan seperti pensil di atas adonan putih.

Oh iya, bolkus memang salah satu kue yang tricky alias butuh trik khusus dan setiap orang biasanya punya trik sendiri-sendiri untuk kue ini. Klo saya sih dari pengalaman gagal buat bolkus biasanya disebabkan tidak mengikuti resep alias terlalu banyak improvisasi...hihihi.

Tapi untuk cake yang menggunakan air saya biasa melarutkan sedikit terigu kedalam air, kata dato/nenekku telur dan air itu musuhan dan hanya terigu yang bisa mendamaikan... oke, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar