Senin, 16 Maret 2015

Rainbow Cake with Lemon Cheese Cream

Sepertinya cake ini masih populer, meski tidak sepopuler awal2 kemunculannya.  Yah...sejak memulai usaha kue baru sadar kalau trend kue terutama cake dan cookies itu cepat banget, tidak seperti fashion yang cenderung mengulang trend yang sudah pernah booming. Trend cake ternyata lebih dinamis, disini kita bisa lihat perkembangan selera dan bahan2 kue pun terus mengalami inovasi. Tapi tentu belum terlambat buat mencoba dan memasukkan cake satu ini sebagai koleksi di Kayana :)

Kalau dilihat dari bahannya, sebenarnya bahannya sama dengan bahan cake standar tapi kerumitannya terletak pada layer yang harus dibuat satu per satu sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Jumlah warna layerpun menentukan penampilannya, pada dasarnya layer terdiri atas 6 warna pelangi (merah, orange, kuning, hijau, biru,  ungu) membuat cake ini lebih tinggi dibanding cake biasa. Ketebalan layer juga sangat menentukan penampilan cake ini. Kalau layer terlalu tipis akan menyebabkan mudah robek ketika di susun dan warnanya mudah tenggelam pada krim sehingga tidak membentuk lapisan.



Kali ini saya menggunakan resep rainbow kukus, kelebihan cake yang dikukus sudah pasti pada kelembutan cakenya dan warna yang dihasilkan lebih terang dibanding cake yang dipanggang. Krim pelengkapnya saya menggunakan butter cream dengan campuran air lemon dan cream cheese yang tentu saja rasanya yummmyyy ;)

Okeh....Ini dia resepnya, oh...iya, karena berhubung persediaan wadah yang cuku tinggi tidak ada maka saya hanya membuat 5 warna saja...tapi tidak mengurangi kelezatan cake ini kok....hehehe...tetap maknyuuuussss...



Rainbow Cake
(Sy pake loyang ukuran 14x14cm)
Bahan A
5 butir telur
200 gr gula
1 sdt tbm/sp

Bahan B
200 gr terigu
3 sdm susu bubuk
1/2 sdt baking powder (bisa di skip)

Bahan C
150 ml minyak goreng
Pewarna makanan (biru, hijau, kuning, orange, merah)

Carbut
kocok bahan A sampai mengembang. Campur bahan B aduk rata dengan spatula ato mixer dgn kecepatan rendah. Setelah tercampur masukkan minyak, aduk sampai rata n tidak ada endapan minyak di dasar baskom.
bagi adonan menjadi 5 bagian lalu beri warna. Kukus masing2 layer hingga matang.

Bahan lemon cheese cream
bahan A
250 gr cheese cream

Bahan B
200 gr mentega putih
200 gr gula halus
1/4 kaleng skm
2 sdm susu bubuk

Bahan C
1/2 sdt air perasan lemon/jeruk nipis
Parutan kulit lemon (bisa ganti esence lemon)

Carbut
Kocok terpisah bahan A dan B sampai lembut. Campur kedua bahan lalu aduk hingga tercampur lalu masukkan bahan C. Aduk lagi hingga lembut dan tidak berasa berlemak di lidah. (Kocoknya lumayan lama denga mixer kecepatan tinggi)

Finshing :
Ambil setiap layer cake olesi dengan cream, lalu tumpuk dengan layer lainnya. Lakukan hingga layer habis. Cake siap dihias sesuai selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar